MARI BERKARYA UNTUK BANGSA dan NEGARA TERCINTA . . . . "I N D O N E S I A"

Selasa, 14 April 2015

COMBI BRAKE SYSTEM BERBAHAYA ??

(Foto : www.nyobamoto.com)
Combi Brake System adalah sistem pengereman double depan belakang dengan hanya menekan tuas rem belakang Sepeda Motor. Tehnologi ini di Indonesia dikenalkan oleh pabrikan Honda Motor dibeberapa Motor Matic keluaran pabrikan sepeda motor terbesar di Indonesia saat ini. Tapi entah kebetulan atau memang salah tehnologi, sudah banyak keluhan mengenai bahayanya tehnologi ini, sudah beberapa kejadian kecelakaan menimpa pengendara Motor Matic dengan Combi Brake System. Kebetulan penulis juga mengalami sendiri kejadian hampir tergelincir saat mengendarai Vario Techno dengan CBS, waktu itu sedang gerimis dengan kecepatan pelan (sekitar 20km/jam) dan bermaksud melakukan pengereman belakang ketika akan melintasi polisi tidur dan posisi sedikit berbelok kekiri, saat itulah stang/kemudi terasa seperti di banting kekiri, padahal jika dengan sistem rem konvensional/bukan CBS, kemungkinan adalah body belakang akan bergeser kekanan/sliding, tetapi stang/kemudi tetap terkendali. Dan baru beberapa hari yang lalu kejadian tersebut menimpa pengendara lain yang kebetulan teman penulis, yang mengendarai Honda PCX, entah ini karena CBS atau faktor lain tetapi yang pasti menurut pengendara tersebut (yang sekarang masih dirawat di Rumah Sakit karena patah tulang kaki kiri), kejadiannya seperti yang penulis sampaikan diatas. 
Menanggapi kejadian-kejadian diatas (dan masih banyak kejadian lain yang bisa di baca di beberapa website di internet), seharusnya pihak pabrikan melakukan survey dilapangan dan memberikan tanggapan, tapi kenyataannya sampai dengan saat ini sepertinya belum dilakukan.
Mudah-mudahan tidak menimpa pembaca semua. Hati-hati berkendara jangan lupa gunakan alat pelindung (sepatu, helm, sarung tangan, kaca mata, jaket).
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar